Sabtu, 11 Agustus 2012

PENGUMBAN (Sling shoot)

Apakah senjata yang dipakai Daud ketika mengalahkan Goliat?

Kebanyakan orang akan menjawab "Ketapel", terutama anak-anak di sekolah minggu ataupun anak-anak sekolah kristen yang lain. Bahkan Pendeta pun atau kaum rohaniwan masih banyak yang mengatakan bahwa senjata yang dipakai Daud melawan Goliat adalah "Ketapel".

Hal ini merupakan kekeliruan yang telah terjadi bertahun-tahun lamanya, akibat pengajaran yang salah dan pengetahuan serta pemahaman yang kurang di pelajari lebih dalam.

Lalu, apakah sebenarnya senjata yang dipakai Daud tersebut?

Menurut 1 Samuel 17:40 (Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu)
yang diambil  adalah Batu-batu dan Umban ( kata dasar dari "Pengumban").

Jadi, yang benar dan harus terus dikumandangkan saat ini adalah pemahaman menurut Alkitab dan bukti arkeologi yang valid, yaitu "PENGUMBAN"


Ada cerita lain yang sangat menarik berkaitan dengan Pengumban di Alkitab dan penemuan arkeologi. Didalam Hakim-hakim 20:15-16 ( Pada hari itu dihitunglah jumlah bani Benyamin dari kota-kota lain itu: dua puluh enam ribu orang yang bersenjatakan pedang, belum termasuk penduduk Gibea, yang terhitung tujuh ratus orang pilihan banyaknya. Dari segala laskar ini ada tujuh ratus orang pilihan yang kidal, dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambut pun), dan didalam penemuan sejarah tepatnya didaerah utara Jerusalem suatu daerah yang diberikan pada suku Benyamin pada waktu itu banyak ditemukan batu-batu pengumban yang besarnya bergaris tengah 2 inci lebih besar (sebesar bola biliard).

Maka bisa dipastikan senjata yang dipakai Daud waktu mengalahkan Goliat adalah PENGUMBAN.

Agar lebih jelas dan mendekati sempurna maka Dunia Seni Brilliant membuat replika Pengumban, dengan maksud agar dunia kekristenan lebih mengetahui kebenaran tentang benda atau senjata tersebut.



Silahkan anda menghubungi kami di 0818532108, 087878553005 atau email di duniasenibrilliant@yahoo.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Gambar dibawah ini adalah replika buatan kami dan buatan luar negeri :


replika PENGUMBAN buatan DSB
Replika PENGUMBAN buatan LN

Ilustrasi pertempuran Daud melawan Goliath









Tidak ada komentar: